Psikotes Lagiii….??!!?

Sabtu, 1 Mei 2010 yang lalu… kebetulan saya iseng-iseng ikut tes seleksi salah satu BUMN di bandung. Ini kali pertama saya tes dengan di awali rasa malas dan tak niat sama sekali😀 maklum sebelum-sebelumnya saya memang bersemangat sampai-sampai bisa dikatakan “terobsesi” untuk masuk BUMN ataupun CPNS.

Rasa malas itu karena setengah hati untuk meninggalkan kantor tempat bekerja saya sekarang, sebenarnya sudah sangat enak kerja disini, dari segi finansial ataupun kebebasannya benar-benar enak. Cuma ada beberapa faktor yang membuat saya terkadang jenuh, ingin mencari suasana kerja yang baru. Tidak ada teman sebaya disini, kerjaanpun terlampau “santai” tanpa target kerja sehingga kadang-kadang memang suntuk rasanya. Untuk masa depanpun sebenarnya  lumayan bagus prospeknya, ya.. mungkin inilah yang menjadi dasar setengah hati saya untuk pindah ke perusahaan lain.😀

Dari awal bangun memang bawaannya maleeess luar biasa. lamaranpun saya persiapkan satu jam sebelum berangkat tes. Tanpa ada persiapan khusus seperti sebelum-sebelumnya. Kebetulan temen cewek saya juga iseng ikutan tes ini.

Karena niat sudah males, alias gada niat ikutan tes, saya berangkat dr rumah jam 8 pagi, sedang tesnya diselenggarakan jam 9 pagi di daerah buah batu bandung dimana saya sendiripun belum tau lokasi tepatnya tes tersebut. Eh..eh.. ternyata saya mesti nunggu temen saya yang kala itu dateng jam 9 dengan sebuah motor matic. Hahaha.. saya hanya tertawa melihat tingkah “kami” yang benar-benar enggak niat tes.

Tadinya seh saya mau balik kerumah lagi, karena memang ini udah jam 9 dimana ini jadwal tes yang saya tau. Tapi temen saya ngotot buat pergi kesana.. Ya akhirnya dengan perasaan sangat pesimis untuk ikut tes, kita langsung tancap gas. Saya yang kala itu memakai rok panjang, terpaksa mengangkat rok saya karena mengejar waktu. Xixixixiii.. *untung saya pake celana daleman tebel jadi masih bisa angkat rok😀.

Sempat lutut saya kena *jedot mobil karena nyalip. Tapi saya ga hiraukan, yang penting sampai di tempat tes dengan segera. Dandanan rapi dan muka fresh yang dari pagi saya pasang ternyata ga guna ketika waktu itu. Saya pikir kala itu “kita” hanya mencari tempat tesnya dengan segera, tapi gilanya temen saya, dia ternyata belum menyusun rapih lembaran-lembaran lamaran yang dia siapkan. hehehe.. terpaksa di tengah jalan kami berhenti untuk menyiapkan lamarannya.

Setelah menempuh perjalanan dengan maen kebut dan senggol-senggolan dengan mobil lain, akhirnya setengah jam lebih dari jam berangkat kami sampai di tempat tes tersebut. Masih dengan perasaan malas, saya menghampiri dan bertanya kepada petugas soal penyelenggaraan tes yang sedang berlangsung. Entahlah, mungkin karena takdir atau hal apa itu ternyata ada tes kloter kedua, dan akhirnya saya masih bisa mengikuti tes yang hanya beberapa menit lagi😀

Dengan masih tersisanya rasa cape, saya pun masuk untuk ikut tes pertama. Tes pertama saya bisa lewati tanpa kendala berarti, mungkin karena “gak niat” kali yah jadi tes tersebut berjalan tanpa adanya tekanan dari diri sndiri karena obsesi untuk masuk. Sampai di pengumuman hasil tes tersebut, ternyata saya lulus. Hahahaha.. padahal bener-bener ga niat tuh.

Lanjut ke tes kedua, eh eh kampreeeettt ini tes psikotes ternyata karena tes pertama merupakan tes akademik. Duh saya pada lupa deh karna malam sebelumnya saya bener-bener ga latian, saya lupa semua gambar yang harus saya tulis. Cuma bisa tertawa dalam hati, “gileeee ngasah otak yang udah tumpul lagi kalo gini caranya“.

Tapi saya kembali ke prinsip awal saja, hanya iseng-iseng, itung-itung ngelatih otak yang udah berbulan-bulan tumpul tanpa tekanan. Bener-bener saya kerjakan dengan sante kala itu, tak perduli hasilnya apa yang penting saya merasa enjoy mengerjakannya. Dan setelah beberapa jam psikotes dengan perut yang kosong dari pagi, akhirnya saya keluar dari ruangan tes tersebut. Walau tanpa tekanan dan obsesi masuk, masih tetep aja otak ngerasa panas terlebih ketika mengerjakan tes terakhir yaitu tes koran.. Hahaha.. ampun deh buat tes yang satu ini.

Sekarang cuma nunggu kabar baik berikutnya saja dr sana. Keterima syukur engga juga ga masalah😀 penempatannya lumayan jauh untuk IT ternyata, daerah jakarta dan bali.

Walhasil dari kejadian hari ini, saya pulang dengan keadaan sangat lemas.. Kaki pegeelll minta ampun, mungkin karena dari pagi belum di isi makan ataupun minum sedang otak di suruh mikir beberapa jam.

Dari pengalaman ini saya bisa ngambil satu pembelajaran khusunya untuk psikotes, kuncinya “enjoy” dalam mengerjakan soal-soal psikotes ternyata jauh akan menghasilkan hasil yang bagus di banding mengerjakan dengan penuh obsesi ataupun tekanan karna hanya ingin lulus.

So, buat temen-temen yang mau psikotes di bawa enjoy saja.. dan disanalah power mengerjakan psikotes🙂

Leave a Reply

