Sidang & Tugas Akhir (TA)

2008, Taun dimana lagi sibuk-sibuknya dengan Tugas Akhir Sekolah. Lumayan dibikin pusing berbulan-bulan untuk menentukan Tema. Waktu itu saya di tempatkan Prakerin di PUSAT SURVEI GEOLOGI Bandung bersama empat teman kelas saya yang terdiri dari satu perempuan dan dua orang laki-laki. Kami perempuan ditugaskan lebih ke soal web, bergelut dengan script php yang notabene lebih ke jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), sedang jurusan kami sendiri TKJ (Teknik Komputer Jaringan) yang lebih menjurus ke Hardware. Dan kedua teman laki-laki saya ditempatkan di masalah jaringan.

Setelah cukup lama berpikir untuk memilih jalur untuk TA, antara mengambil tema barbau jaringan atau tema berbau aplikasi web, akhirnya saya memutuskan untuk membuat sebuah program aplikasi web sederhana, berupa manipulasi data karyawan PUSAT SURVEI GEOLOGI.

Wiiiiiiiiihhh… ternyata membuat TA tidak segampang yang saya pikirkan, apalagi kalo soal bagian bikin aplikasi, tidak cukup satu bulan untuk mengerjakannya. heheehee.. maklum jurusan saya mempelajari pemograman tidak terlalu mendetail. Tapi beruntung, saya memiliki guru web desain (Bpk. Yuli) sangat-sangat baik, beliau banyak membimbimng saya ketika membuat aplikasi tersebut. Ada juga tiga orang teman saya yang lebih memilih mengerjakan projek TA dengan pembuatan aplikasi/web seperti saya, sehingga memudahkan saya dalam bertukar informasi dan ilmu.

Udah beberapa kali mengikuti bimbingan, dan udah banyak lembaran kertas Tugas Akhir yang tercoret berlabelkan “Salah” atau sekedar “Koreksi”😀 Daann sekarang giliran saya untuk Presentasi dalam SIDANG. Rasanya emang ga karuan, mencoba buat santai tapi tetep aja hati ga bisa di bohongin😀

Pagi-pagi sekitar pukul 6, saya dan teman-teman yang kebetulan satu jadwal sidang sudah berada di sekolah dengan memakai baju hitam-putih rapi. Satu persatu Penyidang masuk ke ruangan masing-masing, setiap ruangan ada 3 penyidang kala itu, dimana setiap penyidang widiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhh pada masang muka SANGAR euy😀.

Ga lama, para penyidang memanggil peserta untuk masuk ke ruangan masing-masing. Dan disinilah saya baru merasakan gimana yang namanya sidang di STM. Saya disidang oleh tiga orang guru pada saat itu, salah satunya adalah Bpk. Windani, guru pengajar di jurusan RPL😀. Lumayan kejam si bapak satu ini, banyak pertanyaan yang lebih cenderung ke anak-anak RPL yang membuat saya bingung, gilaaa orang lain sidang paling lama satu jam, lah saya ampir 2 jam lebih. Ckckck..

Setelah lumayan dibikin stres, akhirnya saya pun keluar dari ruangan panas itu. Seneng rasanya bisa menghirup udara luar, walaupun waktu itu saya belum tau lulus atau engganya😀

Dan sayapun di nyatakan LULUS. Yeeeee….. akhirnya, sidang yang membuat stres dengan segala persiapannya selama berbulan-bulan bisa saya lewatin hari ini.

Ya, sidang ini salah satu yang kini menjadi kenangan yang sangat berkesan, mengingat perjuangan ketika menyusun TA dari awal sampai akhir. Ini Tugas Akhir yang saya kerjakan waktu itu, memang cukup simple tapi kali-kali aja ada butuh referensi😀

Laporan Akhir Rini Wulansari jb@32

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: